--> Skip to main content

Kabid PSP Tinjau Lokasi Pasca Banjir di Dusun Melempo, Desa Obel-Obel

pspdistanlotim.com - Banjir bandang terjadi pada Minggu (23/2) sore sekira Pkl. 15:00 Wita yang dipicu cuaca ekstrem sejak beberapa hari terakhir sehingga berimplikasi terhadap kerusakan fisik bangunan dan infrastruktur.

Atas informasi itu, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur Lalu Fathul Kasturi, SP. bersama Kepala Seksi Lahan dan Air Ariadi, S.Hut., M.Sc., serta Staf Bidang PSP Samsurial Hadi dan Ahmad Zulqurnia Ihsani, SP. berkesempatan meninjau lokasi pasca banjir (24/2).

Usai melakukan verifikasi penentuan Calon Petani/Calon Lokasi (CP/CL) di Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba sebagai calon lokasi pelaksanaan pekerjaan Pembangunan Irigasi Perpipaan yang bersumber dari Dana Tugas Pembantuan (TP) Tahun Anggaran 2020, Kabid PSP beserta rombongan langsung meluncur ke lokasi pasca banjir di Dusun Melempo, Desa Obel-Obel, Kecamatan Sambelia untuk memastikan ada tidaknya kerusakan infrastruktur pertanian seperti jaringan irigasi.

Menurut informasi yang diperoleh dari penduduk sekitar yang merupakan korban banjir mengatakan terdapat beberapa rumah warga yang rusak ringan, sedangkan kerusakan yang agak parah terjadi pada tembok sisi barat Masjid Darul Qur'an jebol.

Warga terdampak berjumlah 81 KK atau 255 Jiwa dan tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir bandang tersebut. Saat rombongan Bidang PSP meninjau lokasi, terlihat beberapa warga bersama petugas personel gabungan masih membersihkan sisa material banjir. Genangan air sudah mulai surut namun warga masih mengungsi di tenda pengungsian dan mushola.

Menurut warga korban banjir, selain kerusakan tersebut tanggul sungai permukiman jebol di tiga titik dan jaringan perpipaan air bersih warga sepanjang kurang lebih 3 km rusak terbawa banjir. Untuk sektor pertanian bisa dikatakan tidak ada kerusakan, walaupun ada kerusakan namun tidak terlalu signifikan, hanya terdapat beberapa tanaman jagung yang tumbang dan sifatnya tidak masif.

Lokasi Banjir Bandang :
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar