--> Skip to main content

Cara Setting Aplikasi Open Camera untuk Menampilkan Titik Koordinat dan Cara Penggunaannya

pspdistanlotim.com - Sebagian besar smartphone modern saat ini memiliki modul GPS bawaan. Ini adalah alat yang mudah digunakan untuk mengumpulkan data lapangan dengan cepat. Yang diperlukan hanyalah mengambil foto objek yang dimaksud. 

Metadata foto akan menyimpan semua informasi dasar seperti: tanggal, waktu, koordinat dan ketinggian muka bumi dari permukaan laut, serta azimuth pada objek. Pada bahasan kali ini kami akan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara setting titik koordinat pada Open Camera atau Geotagging.

Geotagging adalah tindakan memasukkan informasi geografis tentang di mana foto diambil. Geotagging titik koordinat sangat membantu bagi siapapun yang mengambil banyak gambar dan membutuhkan cara untuk merekam dengan tepat di mana setiap foto diambil.

Secara default, aplikasi kamera pada smartphone android anda memiliki kemampuan untuk menambahkan titik koordinat GPS ke file gambar, tetapi ada beberapa pengaturan yang harus anda ubah agar fitur ini berfungsi dengan benar.

Cara Setting Titik Koordinat Open Camera
Anda membutuhkan perangkat HP smartphone atau tablet yang menjalankan OS Android untuk bekerja. Selanjutnya anda perlu menginstal aplikasi Open Camera. Anda dapat menginstalnya dari Google Play. Anda juga dapat mengunduh file APK dari repositori SourceForge resmi dan menginstalnya secara manual.

Baca juga: Rumus dan File Excel untuk Konversi Koordinat Derajat Desimal menjadi Koordinat Derajat Menit Detik

Pengaturan Open Camera
  • Antarmuka aplikasi Open Camera ini sederhana dan user friendly, untuk mengaktifkan perekaman Open Camera, buka program setting dengan cara klik menu berlogo gir di sebelah kanan atas.
  • Buka Location settings.
  • Centang semua kotak opsi, diantaranya Store location data, Store compass direction, Require location data.

Keluar dari pengaturan kamera dengan memilih tombol kembali maka anda akan dapat melihat bahwa ikon geolokasi muncul di sudut kiri atas layar. Jika simbol tersebut dicontreng, itu berarti bahwa smartphone tidak menerima sinyal GPS.

Jika anda mencoba mengambil gambar saat program Open Camera tidak menerima sinyal GPS, maka anda akan mendapatkan pesan GPS location not available. Dan anda tidak akan dapat mengambil gambar. Hal itu disebabkan karena anda menonaktifkan pilihan untuk mengambil foto tanpa adanya titik koordinat GPS di pengaturan.

Ada dua alasan umum mengapa program tidak memiliki sinyal GPS, diantaranya anda lupa mengaktifkan layanan lokasi di pengaturan telepon dan ponsel tidak punya cukup waktu untuk mendapatkan sinyal dari satelit GPS dan menentukan lokasinya.

Jika hal itu terjadi maka anda perlu memeriksa apakah deteksi lokasi GPS telah diaktifkan atau tidak di pengaturan smartphone anda. Untuk melakukan hal itu, buka panel pengaturan cepat telepon anda. Jika indikator GPS tidak aktif, ketuk untuk mengaktifkan lokasi. Ketika indikator GPS menyala, tutup panel pengaturan cepat dengan menggesek ke atas atau ketuk tombol kembali.

Setelah anda mengaktifkan layanan GPS, anda perlu menunggu beberapa saat dengan aplikasi Open Camera terbuka untuk memungkinkan ponsel menerima lokasi dari GPS. Jika anda memiliki program yang menulis trek GPS di latar belakang, maka Open Camera segera mendapatkan titik koordinat setelah dibuka, dan anda tidak perlu menunggu. Ketika Open Camera menerima titik koordinat, indikator geolokasi diisi dengan lingkaran putih. Jika kualitas sinyal GPS baik, maka titik hijau akan berada di sebelah indikator posisi geografis. Jika kualitas sinyal buruk, indikator akan berwarna kuning.

Jika anda telah melakukan langkah-langkah di atas, maka langkah yang harus dilakukan adalah untuk setting koordinat:
  • Dari halaman muka Open Camera, klik kembali menu berlogo gir di sebelah kanan atas lalu pilih menu Photo settings.
  • Pilih menu Stamp photos lalu diatur seperti gambar berikut, maksud dari menu ini adalah untuk memberikan keterangan pada foto hasil Open Camera.
  • Pilih menu Datestamp format lalu diatur seperti gambar berikut, maksud dari menu ini adalah untuk menampilkan format tanggal pengambilan gambar pada foto hasil Open Camera, misalnya: dd/mm/yyyy = hari/bulan/tahun, yyyy/mm/dd = tahun/bulan/hari, mm/dd/yyyy = bulan/hari/tahun.
  • Pilih menu Timestamp format lalu diatur seperti gambar berikut, maksud dari menu ini adalah untuk menampilkan waktu pengambilan gambar pada foto hasil Open Camera. Untuk format 12 hours maksudnya penghitungan jam dimulai dari angka 1-12 sejak pagi hingga siang (dalam istilah bahasa Inggris disebut AM, Ante Meridiem = sebelum tengah hari), lalu diulang kembali dari angka 1-12 sejak siang hingga tengah malam (dalam istilah bahasa Inggris disebut PM, Post Meridiem = setelah tengah hari). Untuk format 24 hours maksudnya penghitungan jam dimulai dari angka 1 - 24 sejak dinihari hingga tengah malam saat pergantian hari.
  • Pilih menu GPS stamp format lalu diatur seperti gambar berikut, maksud dari menu ini adalah untuk menampilkan format Koordinat DMS pada foto hasil Open Camera, misalnya: Degrees/minutes/seconds = Derajat/menit/detik.
  • Pilih menu Custom text lalu diatur seperti gambar berikut, maksud dari menu ini adalah untuk menampilkan nama lokasi pada foto hasil Open Camera.

Demikian tips cara setting Open Camera. Fitur ini sangat berguna bagi anda yang ingin melihat histori di mana foto anda diambil. Semoga bermanfaat!
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar