--> Skip to main content

Penyajian Secara Interaktif Peta COVID-19 Berbasis Web Sebagai Dasar Acuan Pengambil Keputusan

pspdistanlotim.com - Penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau disingkat dengan COVID-19 yang penyebarannya dimulai sejak Bulan Desember 2019 dari Kota Wuhan Provinsi Hubei China, dimana penyebaran virus yang melanda dunia tersebut tidak terlepas dari aspek spasial.

Eskalasi tingkat penyebaran pada tiap wilayah menjadi perhatian secara spasial. Berbagai pihak menyediakan visualisasi dan bahkan dashboard untuk memonitor penyebaran COVID-19 sehingga dapat membantu para pengambil keputusan (decision maker) dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menangani pencegahan penyebaran dari Corona Virus Disease (COVID-19).

Sebut saja web Coronavirus COVID-19 Global Case by the Center for Systems Science and Engineering dari Johns Hopkins bekerjasama dengan ESRI menyediakan dashboard yang sangat lengkap dilengkapi dengan peta yang interaktif.

Pada web tersebut menampilkan informasi mengenai jumlah kasus positif, kematian, dan yang sembuh pun ditampilkan untuk setiap negara. Informasi kurva dengan pilihan jumlah kasus serta pilihan skala logaritmik pun disajikan. Website Coronavirus ESRI-JohnsHopkins dapat diakses pada tautan berikut klik di sini

Tidak kalah inovatifnya, dua mahasiswa dari Carnegie Mellon University secara personal membuat visualisasi berbentuk globe yang menampilkan negara-negara di dunia. Negara yang sudah terkena dan belum terkena pandemik COVID-19 dibedakan dengan warna merah dan hitam. Data terkait virus corona dari setiap negara diambil dari web WorldMeter secara otomatis setiap 2 menit. Website COVID-19 Visualizer dapat diakses pada tautan berikut klik di sini.
Kontribusi praktisi spasial dalam penanganan pendemik COVID-19 sangat membantu dalam mengambil keputusan terkait penanganan bencana yang melanda dunia ini. Semoga pendemik COVID-19 dapat segera mereda. [ari]
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar