--> Skip to main content

Beberapa Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Dijadikan Tabulampot


pspdistanlotim.com - Apakah anda sudah tahu apa yang disebut dengan tabulampot? Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi apa yang disebut dengan tabulampot. Tabulampot adalah salah metode penanaman buah yang biasanya dilakukan di sebuah lahan besar, namun dalam metode ini proses pengerjaannya di lakukan di dalam wadah sebuah pot.

Mungkin dahulu yang kita tahu yang ditanam dengan menggunakan pot adalah jenis-jenis tanaman hias seperti bunga, adapun buah yang ditanam dengan menggunakan pot sifatnya hanya sebagai penghias saja.

Namun berbeda dengan metode tabulampot, tabulampot bukan hanya buah yang ditanam di pot untuk sebagai hiasan semata dan tidak bisa dimakan, namun tabulampot lebih baik dari itu, fungsi pemanfaatan tabulampot selain untuk menjadi tanaman hias namun juga di gunakan sebagai penghemat lahan dan tujuannya adalah penanaman di lahan tidak jauh berbeda hasilnya dengan penanaman dengan menggunakan pot.

Maka tidak heran banyak orang yang mencari dan belajar proses pembuatan tabulampot, karena petani bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari buah yang ditanam di pot, yaitu hasil buahnya akan sama dengan yang ditanam di lahan dan juga hemat lokasi.

Namun untuk sekarang ini hanya beberapa buah saja yang bisa ditanam dengan menggunakan pot, ada 3 jenis kriteria yaitu, berhasil berbuah, susah berbuah, dan tidak bisa berbuah.

Beberapa tanaman yang berhasil berbuah dengan sistem tabulampot dan banyak sekali yang melakukannya diantaranya adalah jeruk, jambu air, jambu biji, mangga, sawo, belimbing sedangkan yang susah berbuah adalah kelengkeng dan untuk yang belum bisa berbuah sejenis durian, alpukat.

Berikut adalah jenis-jenis tanaman yang bisa dijadikan tabulampot, diantaranya adalah :

1. Jeruk

Jeruk adalah tanaman buah yang bisa berbuah ketika umur 2 tahun, di lingkungan normal jeruk bisa berbuah ketika mencapai tinggi kurang dari 2 meter, jeruk bisa ditanam di mana saja dan bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan, perawatan tanaman jeruk juga tidak cukup sulit.

Untuk penggunaan sistem tabulampot, tanaman jeruk bisa digunakan untuk dijadikan sistem penanaman tabulampot.

2. Sawo

Sawo adalah tanaman buah yang mudah dibudidayakan, sama halnya dengan jeruk, sawo juga sangat cepat berbuah, tidak membutuhkan waktu lama untuk berbuah, perawatan buah sawo juga tidak terlalu sulit. Maka sawo juga bisa dianjurkan untuk dijadikan tabulampot.

3. Mangga

Pohon mangga termasuk pohon yang cukup banyak didapati di pekarangan rumah-rumah pemukiman, baik di desa maupun di perumahan kota. Sifat pohon mangga yang mudah ditanam dan tidak ribet dalam perawatannya menjadi alasan utama orang memilih pohon ini sebagai penghias dan peneduh pekarangan rumahnya.

Daya tahan yang kuat terhadap serangan hama penyakit adalah alasan lain menjadikan pohon mangga ini sebagai tanaman buah dalam pot.

4. Jambu Air

Jambu air adalah jenis tanaman buah yang sering di jadikan tabulampot. Jambu air sangat mudah untuk dikembangkan dan juga mudah dalam perawatannya, pada tanaman buah jambu air ketika umur 2 tahun atau lebih jambu air bisa menghasilkan buah, dan dengan tinggi tanaman kurang dari dua meter jambu air bisa berbuah.

5. Jambu Biji

Sama halnya dengan jambu air, jenis jambu biji tidak jauh berbeda dengan jambu air, mudah dalam perawatan, mudah dikembangkan dan tidak butuh waktu lama untuk berbuah.

6. Kelengkeng

Sebenarnya jenis tanaman kelengkeng adalah jenis tanaman buah yang terbilang susah untuk dijadikan tabulampot, namun bila bibit yang dihasilkan dari sistem cangkok atau okulasi tanaman ini bisa dijadikan tabulampot, namun tentu dengan perawatan yang baik.

7. Belimbing

Adalah tanaman penghasil buah dengan bentuk yang menyerupai bintang. Belimbing merupakan tumbuhan asli Indonesia serta India dan Srilanka. Pohon belimbing bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 5 meter dan tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari. Bunganya berwarna merah muda yang muncul dari ujung dahan.

Namun pada pembuahan awal, tanaman belimbing ketika tinggi kurang dari 2 meter sudah bisa berbuah dan juga jenis buah yang dihasilkan lumayan bagus, jenis tanaman belimbing bisa dikembangkan dengan sistem tabulampot dengan perawatan teratur.

Pada dasarnya semua jenis tanaman buah bisa dijadikan tabulampot, namun setiap tanaman buah memiliki tingkat kesulitan dalam perawatannya dan adaptasi di lingkungan tertentu, oleh karena itu pengetahuan yang baik tentang berbagai jenis tanaman sangat diperlukan untuk pembuatan tabulampot agar bisa berbuah
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar