--> Skip to main content

Cara untuk Merangsang Mangga agar Dapat Berbuah di Luar Musim

pspdistanlotim.com - Mangga adalah salah satu jenis buah yang dapat berbuah musiman atau istilahnya tidak bisa berbuah secara terus menerus, ada waktu-waktu tertentu mangga dapat berbuah dan ada waktu tertentu juga mangga tidak berbuah.

Karena mangga hanya bisa berbuah pada waktu-waktu tertentu atau musiman kali ini kita akan mengulas tentang cara untuk merangsang mangga agar dapat berbuah di luar musim. 
  1. Tahapan pemangkasan daun, fungsi dari pemangkasan daun bertujuan untuk agar daun yang terlalu lebat bisa dikurangi karena daun dan ranting yang terlalu lebat dapat menghalangi sinar matahari yang merupakan sumber energi dari pohon dan juga bertujuan agar telur nutrisi yang dihasilkan oleh tanaman dapat terfokus pada proses pembuahan. Pemangkasan dilakukan pada ranting dan daun, pangkas semua daun sampai tersisa sedikit.
  2. Jangan melakukan penyiraman tanaman sampai mencapai layu secara permanen dan kemudian dengan tiba-tiba menambah air sampai akar tergenang hingga pangkal dalam kurun waktu tertentu.
  3. Mengelupas kulit pohon pada batang pohon dengan berbentuk lingkaran atau disebut juga mengerat fungsi dari pengeratan ini adalah agar menghambat proses pengangkutan sumber makanan sehingga nantinya akan berakibat penumpukan makanan pada pohon mangga, proses fotosintesis ini diharapkan akan mempercepat tumbuh bunga.
  4. Proses melukai kulit mangga, hal ini bisa dilakukan dengan cara masing-masing ada yang melukan pemakuan pada kulit pohon kira-kira 3-5 cm dari permukaan tanah.
  5. Dengan cara mengikat batang pohon dengan menggunakan kawat hingga fotosintesis pembuluh floam dapat terhambat dampaknya pada percabangan pohon dapat merangsang pertumbuhan bunga. Cara ini sebaiknya jagan dipakai sekaligus cukuplah pilih salah satunya saja yang paling efektif tetapi kami menganjurkan pakailah cara yang pertama karena lebih efektif.

Selain penggunaan cara tesebut ada juga penggunaan cara lain yang sistem kerjanya menggunakan bahan-bahan tertentu yang tujuannya tidak jauh berbeda, salah satu bahan yang sering sekali dipakai yaitu penggunaan pupuk ZPT, pupuk ini berfungsi sebagai perangsang buah dan bunga dan dapat mencegah bunga layu.

Ada beberapa pupuk yang disarankan dalam penanganan khusus agar bunga bisa tumbuh di luar musim diantaranya adalah Paklobutrazol, NAA, Auxin, Potasium Klorat (KClO3), dan Gibberelin.
  • Paklobutrazol adalah sebuah pupuk tambahan yang berfungsi untuk memacau pertumbuhan bunga dan tumbuhnya percabangan dan daun, bahan ini sudah banyak beredar luas di pasaran salah satu merk yang sering mengeluarkan produk ini bermerk Patrol, Cultar dan Goldstar.
  • NAA, kepanjangan dari (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat adalah salah satu zat yang sejenis dengan ZPT, fungsinya untuk menumbuhkan bunga secara serempak, proses kerjanya degan cara menyemprotkan zat tesebut ke tanaman.
  • Auxin adalah zat yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah pada tanaman mangga dan pertumbuhan akar pada proses stek batang. Namun di indonesia sendiri zat ini masih tergolong langka di toko pertanian.
  • Potasium Klorat (KClO3), zat ini bisa dipakai untuk merangsang pertumbuhan bunga tetapi dengan akaran yang tepat.
  • Gibberelin adalah sebuah zat yang sangat bagus, zat ini berfungsi sebagai zat menumbuhkan bunga dan buah di luar musim, selain itu juga dapat membuat buah tumbuh lebih besar dan dapat juga mengakibatkan buah tidak tumbuh biji lagi, membuat tumbuhnya biji dan tunas lebih cepat, zat ini juga baik diaplikasikan pada tanaman seperti tomat, cabe, melon, tomat dan semangka.
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar