--> Skip to main content

Cara Merawat Tabulampot atau Tanaman Buah Dalam Pot

pspdistanlotim.com - Agar proses penanaman tabulampot bisa berjalan dengan baik maka setelah selesai menanam harus dilakukan beberapa perawatan rutin. Berikut adalah beberapa perawatan harian yang perlu dilakukan dalam menanam tanaman buah dalam pot.

Penyiraman

Tabulampot yang telah jadi dan tumbuh besar harus diletakkan di tempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung. Pada saat musim kemarau penyiraman dilakukan setiap hari pada pagi atau sore hari. Sedangkan ketika musim hujan, penyiraman hanya dilakukan bila media tanam terlihat kering. Penyiraman bisa dilakukan dengan menggunakan selang atau memakai gembor.

Bila membudidayakan tabulampot dengan jumlah yang banyak maka sebaiknya penyiraman dilakukan dengan membangun sistem irigasi. Sistem irigasi yang paling cocok untuk tabulampot adalah irigasi tetes. Sistem irigasi ini memiliki kelebihan yakni hemat air, irit tenaga kerja dan mudah dikontrol. Tetapi untuk membuatnya dibutuhkan investasi dana yang tidak sedikit.

Pemangkasan

Selama proses penanaman tabulampot proses pemangkasan dilakukan bertujuan untuk membetuk tanaman, pemangkasan produksi dan pemangkasan untuk peremajaan. Pemangkasan tentu dilakukan agar semua bagian tanaman bisa terkena sinar matahari secara langsung.

Salah satu terori yang sering digunakan dalam tabulampot adalah 1-3-9. Artinya dalam 1 buah batang utama hanya terdapat maksimal 3 batang sekunder dan dalam 1 batang sekunder hanya ada 3 batang tersier. Batang yang dipilih haruslah yang berkualitas yakni bebas dari penyakit dan hama serta mempunyai unsur estetika.

Pemangkasan produksi berkaitan dengan fungsi produksi tanaman. Pemangkasan tersebut dilakukan pada tunas air untuk merangsang pembungaan. Selain itu, pemangkasan dilakukan terhadap batang yang terlihat berpenyakit.

Terakhir pemangkasan peremajaan, dilakukan terhadap tanaman yang telah tua. Pada tabulampot yang sudah tua biasanya dilakukan penggantian media tanam dan pot. Pada fase ini, beberapa cabang perlu dipangkas. Bahkan pada kasus-kasus tertentu hanya menyisakan batang primer saja.

Pemupukan

Media tanam tabulampot mempunyai cadangan nutrisi yang sangat terbatas, oleh karena itu perlu dilakukan pemupukan agar kandungan unsur hara pada media tanam tetap terjaga. Pemupukan pertama dilakukan satu bulan setelah masa tanam. Selanjutnya pemukan dilakukan setiap 4 bulan sekali.

Jenis pupuk sebaiknya menggunakan jenis pupuk organik. Jenisnya bisa berupa kompos, pupuk kandang atau bisa juga menggunakan pupuk cair organik. Meskipun kandungan unsur haranya tidak seakurat pupuk kimia, tetapi pupuk organik mempunyai kandungan unsur hara yang lebih lengkap.

Pemberian pupuk kimia sebaiknya dilakukan pada saat-saat tertentu seperti saat masa pembungaan dan pembuahan dimana pada masa tersebut tanaman membutuhkan banyak unsur hara.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman buah dalam pot sebaiknya dilakukan sejak dini yakni dengan memilih bibit yang berkualitas. Bibit unggul lebih kuat dan tahan terhadap serangan penyakit dan hama.

Selain itu pengendalian hama juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan media tanam yang digunakan. Bersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman, karena hal itu akan menjadi sumber penyakit.

Bila tanaman sudah terlanjur terkena penyakit dan hama bisa langsung memberantas secara manual yakni dengan mengambil hama secara langsung. Untuk pemberantasan hama sebaiknya menggunakan pestisida organik.

Mengganti Media Tanam

Pergantian media tanam dilakukan pada tanaman yang sudah tumbuh besar dan memerlukan ruang yang lebih luas untuk menopang ruang gerak tanaman. Pemindahan dilakukan sekaligus mengganti media tanam.

Selain itu pada saat pemindahan juga dilakukan pemangkasan dan peremajaan. Misalnya dengan memangkas akar tanaman, karena akar tanaman yang terus tumbuh akan membuat media tanam menjadi padat.
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar