--> Skip to main content

Petunjuk Praktis Penggunaan Aplikasi Android Untuk Mengakses Informasi Kalender Tanam Terpadu

pspdistanlotim.com - Menyikapi dampak perubahan iklim terhadap sektor pertanian, antara lain perubahan awal waktu tanam dan panen, pola tanam, dan luas tanam, maka diperlukan suatu panduan kalender tanam bagi petani pada skala nasional maupun regional.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah mengembangkan Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu untuk mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Sistem Informasi ini dapat memandu penyuluh dan petani hingga level kecamatan dalam mengelola kegiatan budidaya tanaman pangan.

Definisi Kalender Tanam Terpadu adalah pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi spasial dan tabular tentang prediksi musim, awal tanam, pola tanam, luas tanam potensial, wilayah rawan banjir dan kekeringan, potensi serangan OPT, serta rekomendasi varietas dan kebutuhan padi dan palawija, serta rekomendasi dosis dan kebutuhan pupuk berdasarkan prediksi variabilitas dan perubahan iklim.

Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu (selanjutnya disebut Katam Terpadu) berbasis web pertama kali di-launching secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian dengan diterbitkannya secara online Katam Terpadu versi 1.0 yang memuat informasi Kalender Tanam Terpadu, dapat dilihat di sini.

Informasi yang dapat diakses melalui Katam Terpadu meliputi prediksi awal waktu dan luas tanam musim tanam ke depan, yang dilengkapi dengan informasi rawan bencana banjir, kekeringan dan OPT, serta rekomendasi teknologi berupa varietas, benih, pemupukan dan alsintan.

Badan Litbang Pertanian juga telah mengembangkan sistem delivery informasi Katam Terpadu melalui SMS dan aplikasi berbasis android, sedangkan untuk aplikasi android sebagai aplikasi Katam Terpadu versi ringan yang dapat digunakan melalui tablet atau telepon pintar (smart phone) yang bersistem operasi android. Untuk mengunduh aplikasinya pada hand phone dengan sistem operasi berbasis android dapat diunduh dengan cara klik di sini.

Penggunaan aplikasi android untuk Kalender Tanam Terpadu ditujukan untuk petani, penyuluh, dinas terkait yang telah mempunyai telepon pintar atau tablet dengan sistem operasi android dan terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dengan nama aplikasi Kalender Tanam Versi Ringan, untuk mendapatkan aplikasi tersebut lakukan langkah-langkah berikut ini (jika sudah mengklik link download di atas langsung ke langkah 6):
  • Siapkan telepon pintar (smart phone) atau tablet yang menggunakan sistem operasi android versi 2.3.6/Gingerbread ke atas.
  • Pastikan koneksi internet sudah tersambung dengan baik.
  • Pilih aplikasi Google Play.
  • Carilah aplikasi Kalender Tanam dengan kata kunci katam atau kalender tanam.
  • Pilih aplikasi Kalender Tanam Versi Ringan.
  • Tekan tombol Install/Pasang.
  • Tunggu sebentar untuk download dan instalasi.
  • Tekan tombol Open/Buka.
  • Ketik kata kunci yang diinginkan dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten, dan kecamatan.
  • Pilih komoditas Padi sawah, Jagung, atau Kedelai.
  • Untuk rekomendasi pupuk, dapat dipilih jenis pupuk yang ada, yaitu Tunggal, Phonska, Pelangi, Kujang, atau 151010.
  • Tekan tombol Katam untuk informasi kalender tanam.
  • Tekan tombol Pupuk untuk rekomendasi pupuk atau kebutuhan pupuk.
  • Tekan tombol Rawan untuk rekomendasi sesuai dengan tingkat kerawanan.
Untuk Kalender Tanam Kabupaten Lombok Timur yang memuat: estimasi waktu dan luas tanam padi dan palawija, estimasi wilayah rawan banjir, kekeringan dan OPT, rekomendasi varietas, kebutuhan benih, pupuk dan alat mesin pertanian, info tanam, prediksi curah hujan, serta peta prediksi risiko kekeringan agronomis, dapat diunduh di sini.

Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar