--> Skip to main content

Download | Mahir Gunakan ArcGIS melalui Modul Pelatihan Sistem Informasi Geografis Tingkat Lanjut

pspdistanlotim.com - Modul tutorial ArcGIS tingkat lanjut ini ditujukan untuk pengguna yang telah memahami dasar-dasar Sistem Informasi Geografis (SIG) dan menggunakan ArcGIS mulai dari cara menampilkan data spasial, proses data spasial serta membuat layout peta.

Modul ini diberi judul Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Lanjut yang dibuat oleh Yayasan PelaGIS. Yayasan ini dibentuk dengan tujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan keahlian GIS kepada masyarakat umum, khususnya aparatur Pemerintah Daerah, agar memiliki kemampuan dalam mengelola data geografis yang sangat penting dalam proses perencanaan pembangunan. Yayasan PelaGIS juga telah membuat Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Dasar.

Modul ArcGIS Tingkat Lanjut ini, membahas tentang operasi GeoProcessing seperti Konversi Data, Clip, Merge, Dissolve dan Union. Selain itu juga mempelajari tentang manajemen data spasial yang dimulai dengan pemahaman konsep GeoDatabase.

Modul ArcGIS ini tersedia dalam format ebook PDF, modul ini juga menunjukkan tentang eksternal database dengan cara membuat koneksi database dengan ODBC serta cara membuat koneksi database di ArcCatalog. Selain itu juga dipelajari tentang Join dan Relasi Tabel serta Topology.

Modul ArcGIS Tingkat Lanjut ini memberikan studi kasus pemecahan masalah secara spasial. Studi kasus yang pertama adalah analisa kesesuaian lahan yang breakdown berdasarkan identifikasi parameter dan kriterianya, inventarisasi data, penyiapan data hingga proses analisa kesesuaian lahan berdasarkan reclass data hasil overlay.

Berikut daftar isi tutorialnya:
Bab I. Sekilas Perkembangan GIS
- Sistem Informasi Geografis
- Komponen GIS
- GIS Partisipatif, Sudah Saatnya Diaplikasikan di Indonesia

Bab II. GPS dan Interoperabilitas Data
- Sumber-Sumber Data GIS
- Sumber Data GPS
- Data DEM (SRTM)
- Konversi Data ke ArcGIS

Bab III. Persiapan Data
- Membuat dan Merubah Proyeksi
- Data Konversi

Bab IV. Manajamen Data
- Geodatabase
- Metadata
- Eksternal Database
- Join dan Relasi Tabel
- Topology

Bab V. Studi Kasus Analisis Kesesuaian Lahan
- Konsep Kesesuaian Lahan
- Klasifikasi Kesesuaian Lahan
- Prosedur Analisis Kesesuaian Lahan

Bab VI. Studi Kasus TPA
- Kriteria-Kriteria Pencarian Lokasi Alternatif
- Membuat Peta Negatif Kawasan Permukiman

Download Tutorial ArcGIS Tingkat Lanjut dari Yayasan PelaGIS melalui link di bawah ini:

Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar