--> Skip to main content

Hasil Verifikasi CP/CL Kegiatan Irigasi Perpompaan dan Perpipaan di 11 Kecamatan, Kabupaten Lombok Timur

pspdistanlotim.com - Salah satu misi Indonesia adalah bisa menjadi lumbung pangan. Terkait hal itu, demi meningkatkan sekaligus mempermudah produksi pertanian, Kementerian Pertanian melakukan optimalisasi irigasi yang dialokasikan dari Sumber Dana Tugas Pembantuan (TP).

Jenis irigasi yang saat ini dikembangkan adalah irigasi perpompaan dan perpipaan. Prinsip kerja Kegiatan Irigasi Perpompaan dan Perpipaan, yaitu dengan mengambil air dari sumber, membawa atau mengalirkan air dari sumber ke lahan pertanian, mendistribusikan air kepada tanaman, dan mengatur dan mengukur aliran air.

Tujuan dari Kegiatan Irigasi Perpompaan dan Perpipaan adalah memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai suplesi air irigasi bagi komoditas tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan serta untuk meningkatkan intensitas pertanaman dan atau luas areal tanam, meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan dan kesejahteraan petani, memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai air irigasi, baik di daerah irigasi maupun non daerah irigasi.

Kunci utama dari jenis irigasi perpompaan adalah terdapatnya sumber air. Walaupun posisi air di bawah permukaan lahan pertanian tidak masalah karena menggunakan pompa untuk pemanfaatannya. Dengan demikian lahan pertanian yang tidak terjangkau dengan irigasi waduk dan bendung yang umumnya secara gravitasi masih bisa mendapatkan air irigasi.

Kegiatan Irigasi Perpompaan dan Perpipaan diprioritaskan pada lokasi kawasan pertanian yang sering mengalami kendala atau kekurangan air irigasi terutama pada musim kemarau.

Output dari kegiatan ini adalah adalah terlaksananya kegiatan Kegiatan Irigasi Perpompaan dan Perpipaan sehingga tersedia sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh petani, baik sebagai suplesi di daerah irigasi maupun sebagai irigasi utama di non daerah irigasi.

Bantuan dari pemerintah berupa uang yang dikelola sendiri oleh kelompok tani. Kelompok tani kemudian menggunakan untuk pembelian pompa dan perlengkapannya, pembangunan rumah pompa, bak tampungan air dan jaringan irigasi pipa.

Pompa yang digunakan dengan spesifikasi bertipe sentrifugal, penggerak diessel dengan estimasi daya dorong 30 meter dan diameter pompa 4 inchi. Irigasi perpompaan merupakan sistem irigasi dengan menggunakan pompa air yang pendistribusiannya melalui saluran terbuka maupun tertutup.

Irigasi perpompaan ini mencakup tiga komponen utama yaitu pompa air dan kelengkapannya, bak penampung sebagai reservoir untuk mendekatkan jarak dari sumber air ke lahan. Kemudian jaringan distribusi baik tertutup maupun terbuka yang berfungsi untuk membawa dan atau membagi air ke lahan yang akan diairi.

Sebuah tampungan dibuatkan di daerah tersebut guna menampung air limpasan yang akan dipompa ke dalam bak penampung. Air pada bak penampung kemudian dialirkan secara gravitasi ke lahan petani.

Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu lokasi yang diberikan kegiatan pengembangan sistem irigasi perpompaan dan perpipaan dengan rincian 5 unit/lokasi perpompaan besar dan 2 unit/lokasi perpompaan menengah serta 4 unit/lokasi perpipaan untuk mendukung komoditi Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

Baca juga:
Adapun daftar hasil verifikasi CP/CL di 11 Kecamatan (UPT-PP) adalah sebagai berikut:

Irigasi Perpompaan Besar untuk mendukung komoditi Tanaman Pangan

Desa Kilang, Kecamatan Montong Gading. Koordinat 8°37'00" LS, 116°24'10" BT :
Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur. Koordinat 8°32'28" LS, 116°24'35" BT :
Desa Sakra, Kecamatan Sakra. Koordinat 8°41'40" LS, 116°28'14" BT :

Irigasi Perpompaan Besar untuk mendukung komoditi Perkebunan

Desa Perigi, Kecamatan Suela. Koordinat 8°28'49" LS, 116°36'20" BT :
Desa Rarang, Kecamatan Terara. Koordinat 8°38'28" LS, 116°23'30" BT :

Irigasi Perpompaan Menengah untuk mendukung komoditi Hortikultura

Kelurahan Suryawangi, Kecamatan Labuhan Haji. Koordinat 8°40'09" LS, 116°34'54" BT :
Desa Rempung, Kecamatan Pringgasela. Koordinat 8°36'21" LS, 116°29'39" BT :

Irigasi Perpipaan untuk mendukung komoditi Hortikultura

Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba. Koordinat 8°29'48" LS, 116°32'31" BT :
Desa Sapit, Kecamatan Suela. Koordinat 8°28'50" LS, 116°32'57" BT :

Irigasi Perpipaan untuk mendukung komoditi Perkebunan

Desa Perigi, Kecamatan Suela. Koordinat 8°28'15" LS, 116°36'12" BT :
Desa Sapit, Kecamatan Suela. Koordinat 8°28'38" LS, 116°34'09" BT :
Untuk melihat lokasi secara keseluruhan silakan download file yang telah dikonversi dari file SHP (ArcGIS) ke file KML (Google Earth). Setelah anda download file tersebut maka langsung bisa dibuka/diakses menggunakan aplikasi Google Earth di komputer maupun ponsel, dan untuk melihat data tabel pada titik lokasinya di Google Earth anda bisa melihatnya dengan cara diklik pada titik lokasi yang ingin dilihat data tabelnya. Untuk mengunduh (download) filenya klik di sini.
Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar