--> Skip to main content

Tutorial Singkat, Cara Menggunakan Aplikasi OruxMaps Sebagai Aplikasi GPS di Android

pspdistanlotim.com - Dengan menggunakan smart phone atau tablet berbasis android, anda dapat melakukan survey GPS. Dengan catatan bahwa alat anda dilengkapi dengan receiver GPS dan memiliki aplikasi GPS yang dapat diunduh secara gratis di Play Store atau anda bisa langsung mengunduh aplikasinya dengan cara klik di sini

Salah satu aplikasi GPS yang dapat digunakan yaitu OruxMaps, aplikasi ini menawarkan fasilitas yang serupa dengan alat GPS biasa yaitu dapat merekam waypoint, track, dan membuat route. Selain itu ada juga fasilitas lainnya yang berguna di lapangan, di antaranya:
  • Dapat menampilkan berbagai peta dasar (basemap) baik secara online maupun offline.
  • Dapat dengan mudah mentransfer hasil survey berupa tracklog (berisi waypoint yang dibuat pada saat tracking), dengan format *.gpx atau *.kmz melalui email, bluetooth, dll.
Berikut panduan singkat cara menggunakan Aplikasi OruxMaps sebagai GPS di android:
1. Pada saat pertama kali membuka aplikasi Oruxmaps, anda akan melihat tampilan sebagai berikut :
2. Cara yang paling sederhana adalah dengan memulai menggunakan peta online. Pada tampilan utama OruxMaps tekan Map Online. Lalu pilih basemap yang anda inginkan.
3. Setelah itu anda akan dapat melihat tampilan basemap, dan tampilan antar muka (interface) dari aplikasinya, seperti berikut :
4. Apabila anda ingin mengetahui posisi saat ini di dalam peta, tekan menu Tracks > Start GPS
Setelah menerima posisi pertama baik dari jaringan (jika diaktifkan pada pengaturan android) atau GPS itu sendiri, maka peta akan fokus pada posisi anda saat ini.

5. Untuk membuat waypoint dapat dilakukan dengan dua cara, anda bisa menekan sedikit lama pada layar yang menunjukkan point yang ingin anda tandai/marker atau arahkan kursor ke point tersebut lalu tekan menu Waypoint > Create
maka akan muncul kotak dialog Waypoint Creation
a. Isi nama anda pada kolom Waypoint Name
b. Isi keterangan pada kolom Description

Selain itu anda juga bisa membuat foto waypoint sehingga informasi waypoint anda dapat memuat gambar dari point/titik tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menekan menu Waypoint > Wpt

6. Untuk melakukan tracking dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Track > Start Rec
7. Apabila anda telah selesai menyelesaikan survey lokasi dan ingin berhenti merekam, tekan menu Tracks > Stop GPS. Hasil track anda otomatis akan tersimpan di direktori internal database. Biasanya nama tracknya disesuaikan dengan jam, hari dan tanggal pada saat anda melakukan tracking.

8. Apabila anda ingin membukanya pada Software ArcGIS maka harus diekspor terlebih dahulu ke dalam format *.gpx dengan cara mencentang tracks yang dipilih lalu tekan Export to File, pilih GPX. Maka akan muncul konfirmasi dari Oruxmaps bahwa file tersebut telah berhasil diekspor.

9. Hasil track yang juga berisi waypoint anda telah tersimpan di dalam folder Tracklogs pada folder Oruxmaps dan siap untuk ditransfer ke komputer baik melalui bluetooth ataupun email.

10. Anda dapat membuka file GPX tersebut di dalam ArcMap untuk dapat digunakan sebagai panduan dalam melakukan digitasi.

Catatan:
Untuk dapat menampilkan file *.gpx pada Software ArcGIS maka anda harus menginstal data interopability extension terlebih dahulu.

Kebijakan Komentar: Silakan tuliskan komentar anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar